Rabu, 25 Januari 2012

Angin Puting Beliung Porandakan 400 Rumah di Pulau Seribu

Jakarta - Angin puting beliung memporakporandakan lebih dari 400 rumah di Kepulauan Seribu, Rabu (25/1/2012) pukul 12.30 WIB. Demikian informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada detikcom.

BPBD merinci, rumah yang rusak itu terletak di Pulau Harapan (salah satu pulau di Kep Seribu) sebanyak 200 rumah dengan 10 korban luka dan di Pulau Kelapa sebanyak 240 rumah rusak dan 24 orang dilarikan ke puskesmas setempat. 

"Saat ini telah dibangun tenda-tenda darurat sebagai pos pengungsian," ujar BPBD.

Sebelumnya, BMKG telah merilis peringatan dini tentang cuaca ekstrem di sejumlah daerah di Indonesia. BMKG melansir, ada pumpunan angin yang memanjang di Laut Sulawesi hingga laut Arafuru. Konsentrasi awan hujan terjadi di Jawa, Kalimantan bagian Tengah, Sulawesi bagian Utara, Tengah dan Selatan, Maluku Utara, Maluku bagian Tenggara, Papua Barat serta Papua bagian Selatan dan Tengah.

Dalam peringatan tersebut, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi sejak tanggal 23 Januari hingga 26 Januari 2012.

Selain merusak ratusan rumah di Kepulauan Seribu, hujan angin kencang hari ini juga menyebabkan pepohonan di Jakarta tumbang. Pohon tumbang ini menyebabkan seorang sopir bajaj tewas, tukang ojek patah tulang dan merusak sedikitnya 5 kendaraan.


EmoticonEmoticon