DENGAN ‘IDUL ADHA KITA WUJUDKAN SOLIDARITAS SOSIAL
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
الله أكبر ×9 لا إله إلا الله، والله أكبر ، الله أكبر ولله الحمد
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهْ وَنَسْتَهْدِيْهِ وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ
أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ
وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ. أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ
الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ
صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ
وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.
Hadirin, Sidang Jamaaah Idul Adha yang berbahagia!
Setiap orang yang beriman senantiasa mendambakan rahmat, maghfirah, dan ridha
Allah SWT. Seluruh aktivitasnya – duniawiyah dan ukhrawiyah – ia maksudkan
untuk memperoleh rahmat dan ridha Allah SWT.Bagi orang beriman tidak ada
perbedaan antara aktivitas duniawiyah dan aktivitas ukhrawiyah. Sebab, keduanya
dilakukan dengan niat untuk mencari ridha Allah. Ridha artinya senang. Kedua
aktivitas itu dilakukan sesuai dengan tuntunan dan petunjuk Allah. Bila kedua
aktivitas tersebut sudah diridhai Allah maka tentu rahmat dan maghfirah-Nya pun
akan dicurahkan Allah kepadanya. Demi memperoleh rahmat, maghfirah, dan ridha
Allah, seorang yang beriman akan melakukan apa saja yang mungkin ia lakukan dan
memberikan apa saja yang mungkin ia berikan; dan mengorbankan apa saja yang
mungkin ia korbankan.
Kesadaran dan keinsyafan untuk berkurban karena Allah inilah
yang merupakan makna hakiki dari “Id al-Adha. Makna ini akan dirasakan
kemanfaatannya apabila diwujudkan ke dalam kehidupan realitas kita melalui makna
instrumental-nya.
II. Makna Hakiki ‘Id al-Adha
Secara harfiah ‘Id al-Adha artinya adalah Hari Raya Kurban. Dinamai demikian
karena dimaksudkan untuk mengingat pengorbanan yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim
as. dan keluarganya untuk dicontoh, diteladani, dan diwujudkan nilai-nilainya
oleh orang-orang yang beriman.
Dalam kesederhanaan, nilai (ajaran) kurban ini tergambar di dalam penyembelihan
hewan kurban itu sendiri; (1) niatnya karena Allah , (2) yang sampai kepada
Allah bukan darah atau daging kurban tetapi keimanan dan ketakwaan orang
berkurban,(3) daging kurban itu sendiri didistribusikan secara adil dan merata
terutama kepada mereka yang benar-benar membutuhkan sebagai kepedulian kepada
lingkungan dan upaya meningkatkan kebersamaan solidaritas sosial, (4)
pendistribusian secara adil dan merata, dilakukan sebagai pengamalan perintah
syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Allah.(5) dan pahala
pertama, untuk orang yang berkurban itu sendiri dan kedua, untuk semua pihak
yang mendukung dan menciptakan suasana yang kondusif hingga terselenggaranya
aktivitas pengorbanan karena Allah.Demikian juga bagi mereka yang sedang
melaksanakan haji, jika mereka diwajibkan menyembelih (unta, kambing,
biri-biri, dan sapi), hendaklah disembelih di tanah haram dan dagingnya di
hadiahkan kepada fakir miskin dalam rangka ibadah haji.
Allahu Akbar 3x Walillah al-Hamd
Hadirin, kaum Muslimin jamaah Id al-Adha yang berbahagia !
Dengan demikian ada lima ciri yang terdapat di dalam aktivitas pengorbanan
karena Allah. Kelima cirri tersebut berkaitan dengan (1) niatnya, (2)
orientasinya, (3) kemanfaatannya, (4) caranya dan (5) tujuannya.
1. Niatnya
Aktivitas pengorbanan yang disyari’atkan oleh Islam adalah
aktivitas pengorbanan yang diniatkan karena Allah. Dalam konteks ini,
al-Ghazali mengemukakan dalam Ihya bahwa seseorang tidak sampai kepada Allah
(tidak akan dapat mencapai posisi kurban atau dekat dengan Allah; amal
ibadahnya tidak akan diterima oleh Allah) kecuali apabila orang itu :
a. Sanggup membebaskan diri dari pengaruh hawa nafsu.
b. Mampu mengendalikan diri sehingga ia tidak terjerumus ke dalam dan perilaku
hidup hedonistic.
c. Di dalam ia melakukan sesuatu perbuatan, ia hanya melakukan perbuatan yang
benar-benar perlu dan diperlukan; ia bertindak efisien, disiplin, istiqamah,
dan selalu peduli terhadap lingkungan dalam rangka memupuk kesadaran dan
solidaritas.
d. Seluruh aktivitasnya, gerak maupun diamnya , seluruhnya ia niatkan karena
Allah.
Esensi niat karena Allah adalah memurnikan ketaatan dan kepatuhan hanya kepada
Allah sebagai wujud dari keimanan dan kesadaran selaku makhluk hamba Allah, dan
khalifah Allah di muka bumi. Allah berfirman:
وما أمروا إلا ليعبدوا الله مخلصين له الدين حنفاء…
(البينة\98 :5)
Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah
dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama dengan lurus… .
Niat karena Allah mempunyai fungsi antara lain: (1) menumbuhkan kesadaran
tentang keberadaan (existensi) Allah , (2) menginsyafkan bahwa ketaatan,
kepatuhan, kepasrahan, dan ketundukan hanya pantas diberikan kepada Allah, (3)
menanamkan kesadaran bahwa Allah tidak membeda-bedakan manusia, tidak ada
perbedaan antara kaya dan miskin, majikan atau buruh, pejabat atau bukan,
semuanya dituntut untuk mentaati hukum; yaitu mengedepankan supremasi hukum;
untuk melaksanakan kewajiban, ketentuan, dan peraturan, seluruh manusia sama di
hadapan Allah; iman dan takwalah yang membuat seseorang dekat dan mulia di sisi
Allah. (4) menjadikan Allah sebagai motivasi dan tujuan hidup dan (5)
menghilangkan semua penyakit hati, seperti Syirik, kufur, munafik, takabbur,
riya, ‘ujub,, dan lain sebagainya.
Orang yang memiliki niat yang mempunyai keimanan dan kesadaran seperti ini,
akan dapat melakukan apa saja yang diperintahkan Allah, sebagaimana yang
dilakukan oleh Nabi Ibrahim as, dan keluarganya pada saat Nabi Ibrahim menerima
perintah dari Allah untuk mengorbankan putranya Ismail as.
Padahal Nabi Ibrahim puluhan tahun mendambakan anak, begitu Allah memberikan
anak dan ketika anak telah sampai usia tamyiz, bisa mambantu dan berusaha
bersama ayahnya Ibrahim datanglah perintah Allah untuk mengorbankannya. Apa
yang menyebabkan Nabi Ibrahim siap untuk mengorbankan anaknya ?
a. Kecintaan Nabi Ibrahim terhadap putranya tidak dapat menghalangi kepatuhan
dan ketaatannya kepada Allah.
b.Ismail sendiri bahkan bersedia mengorbankan jiwa dan raganya karena patuh dan
taat kepada Allah .
يآأبت افعل ما تؤمر ستجدنى إن شاء الله من
الصابرين. (الصافات\37:102)
“Wahai ayahku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu,
insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.
a. Siti Hajar ra, sekalipun air matanya nampak menitik pertanda bahwa ia tidak
dapat menyembunyikan kesedihannya, tetapi secara pasti ia berkata: “aku rela
kalau itu memang perintah Allah”.
b. Setelah merasa pasti bahwa itu adalah keputusan dan ketetapan Allah, dalam
kepastiannya sebagai pemimpin, sebagai orang kaya, bahkan sebagai orang yang
bergelar Khalilullah, sebagai orang yang mempunyai kedekatan dengan Sumber Hukum
dan Sumber Kebijakan. Tidak sedikitpun terbetik di hati Ibrahim dan keluarganya
agar mereka diperlakukan secara berbeda di dalam melaksanakan peraturan dan
ketentuan. Karena Nabi Ibrahim dan keluarganya sadar bahwa di hadapan Hukum
Allah semua manusia sama; harus taat kepada perintah, taat kepada keputusan
hukum, taat kepada peraturan dan ketentuan.
Kepatuhan dan ketaatan yang dijiwai oleh semangat pengorbanan karena Allah ini,
divisualisasikan (diragakan) secara simbolik dengan penuh keimanan dan keinsyafan
oleh mereka yang melaksanakan ibadah haji, dan mereka yang melakukan ibadah
kurban.
Aktivitas orang yang melakukan ibadah haji seluruhnya mencerminkan kepatuhan
dan ketaatan ini. Bahkan untuk mencontoh Rasulullah – mencium hajar aswad (batu
hitam) sekalipun mereka ikhlas dan rela melakukannya karena patuh dan taat
kepada Allah . Hal ini, sejalan dengan apa yang mereka nyatakan di dalam
talbiyah , Labbaik Allahumma Labbaik (Ya, Allah ini aku datang memenuhi
panggilan-Mu; siap untuk melaksanakan apapun yang Engkau perintahkan, siap
meninggalkan apapun yang Engkau larang ! Di dalam kehidupan pasca ibadah haji ,
kesiapan inilah yang menjadi salah satu indikasi penting bagi seseorang apakah
hajinya mabrur atau tidak !
2. Orientasinya
Orientasi pengorbanan karena Allah diwujudkan dalam bentuk kepedulian sosial
dan perhatian terhadap lingkungan :
فكلوا منها وأطعموا البائس الفقير. (الحج\ 22 : 28)
Maka makanlah sebagian dari padanya dan sebagian lagi berikanlah
untuk makan orang-orang yang sengsara lagi fakir.
Ayat di atas Allah menyatakan bahwa daging kurban boleh dinikmati oleh orang
yang berkurban yang merupakan nikmat dan anugrah Allah, tetapi sebagian yang
lain; didistribusikan secara adil dan merata terutama kepada mereka yang benar-benar
membutuhkan sebagai bentuk kepedulian sosial dan perhatian terhadap lingkungan.
3. Kemanfaatannya
Kemanfaatannya dirasakan oleh semua pihak:
a. Pihak yang berkurban, kualitas keimanan, dan ketakwaannya bertambah;
posisinya semakin dekat kepada Allah.
b. Nikmat dan karunia Allah tidak hanya oleh orang-orang tertentu saja
melainkan juga oleh orang-orang yang berada di lingkungannya, terutama oleh
mereka yang berada pada posisi mustad’afin .
c. Penyakit-penyakit sosial, seperti sikap apatis, individualistik, egoistic,
dan kazaliman-kezaliman lainnya diharapkan dengan sendirinya akan terkikis
melalui proses interaksi dalam kehidupan sosial yang dijiwai oleh semangat
pengorbanan karena Allah, sehingga apa yang disebut dengan kesenjangan sosial
akibat ketidak adilan yang dapat menimbulkan antara lain sikap dan perilaku
kriminalitas serta anarkis dan kejahatan-kejahatan ekonomi dan sosial lainnya
dapat dihindarkan.
4. Caranya
Cara berkurban karena Allah, seperti yang ditunjukkan oleh Allah sendiri, yaitu
bukan dengan cara membinasakan manusia, tetapi justru dengan menyelamatkan
manusia dan kemanusiaan; dengan jalan mensyukuri nikmat dan karunia Allah,
dalam rangka mengoptimalisasikan kemanfaatan nikmat dan karunia Allah yang
telah diberikan oleh Allah dan menebarkannya secara adil dan merata.
Perintah penyembelihan terhadap Ismail semata-mata dimaksudkan
hanya sebagi ujian, sebagai tuntutan pembuktian atas tekad kesetiaan yang
pernah dinyatakan oleh Ibrahim as sendiri. Di samping sebagai Nabi, Ibrahim
adalah seorang kaya yang sangat dermawan. Ia banyak mengorbankan harta
kekayaannya untuk kepentingan sosial. Suatu waktu ia diperintahkan oleh Allah
untuk menyembelih sejumlah kambing dan sejumlah unta sebagai kurban dan
santunan bagi masyarakat yang ada disekitarnya. Pujianpun banyak berdatangan
tertuju kepadanya. Waktu itu, ia belum dikarunia anak. Pada waktu itulah ia
berkata; bahwa anak sendiripun akan dikorbankan apabila hal itu, diperintahkan
oleh Allah. Maka tatkala anak itu benar-benar telah lahir, bahkan telah dapat
membantu pekerjaannya dan tentu merupakan anak yang sangat didambakan dan
dicintai oleh Ibrahim as dan isterinya Siti Hajar. Dan datanglah tuntutan Allah
agar Ibarahim membuktikan tekad dan kesetiaannya kepada Allah.
Setelah Ibrahim as yakin bahwa mimpi itu, benar-benar perintah Allah, iapun
berbulat hati untuk melaksanakannya. Ayah dan anak tunduk pada kehendak Allah,
tetapi Allah yang kemudian menghentikannya. Sesudah nyata kesabaran dan
ketaatan Ibarahim dan Ismail as maka Allah melarang menyembelih Ismail dan
untuk meneruskan kurban, Allah menggantikannya dengan seekor kambing yang besar
yang dagingnya diperintahkan untuk didistribusikan secara adil dan merata
terutama kepada mereka yang membutuhkannya. فكلوا منها وأطعموا البائس
الفقير peristiwa ini
menjadi dasar syariat Kurban yang dilakukan setiap tahun dalam rangkaian Hari
Raya dan Ibadah Haji.
5. Tujuannya
Tujuan berkurban adalah taqarrub kepada Allah, yaitu mendekatkan diri sedekat
mungkin kepada-Nya untuk memperoleh rahmat, maghfirah, dan ridha-Nya. Upaya
mendekatkan diri kepada Allah تقرب إلى اللهadalah proses yang terus menerus
bergerak tanpa henti. Karena taqarrub إلى الله merupakan proses
terus menerus tanpa henti; maka di dalamnya pasti terdapat dinamika, terdapat
aktivitas, kreativitas, produktivitas, dan inovasi-inovasi, yang kesemuanya
berjalan sesuai dengan aturan dan ketentuan Allah; berjalan secara efisien,
efektif, disiplin, istiqamah, dan manfaat bagi lingkungannya.
Allahu Akbar 3x Walillahi al- Hamd!
Hadirin, Kaum Muslimin Sidang ‘Id yang berbahagia !
Ada 3 hal yang terus menerus bergerak dalam proses taqarrub إلى الله terus menerus
bergerak tiada henti berzikir kepada Allah, ia bahkan melakukan تخلق بأخلاق الله ; proses internalisasi,; melakukan
penyontohan dan peneladanan terhadap sifat dan akhlak Allah, sehingga akal
sebagai top exekutif (presiden) di dalam wilayah kekuasaan jasmani dan ruhani
dapat mengintruksikan kepada pancaindra dan anggota badan dengan
instruksi-instruksi yang telah terilhami, yaitu akibat hatinya yang terus
menerus berzikir dan takhalluq bi akhlaqillah . Maka yang keluar dari anggota
badannya – yaitu sebagai tahaqquq atau realisasi dari zikir dan pikir serta
proses peneladanan terhadap sifat dam akhlak Allah tadi – tiada lain adalah
aktivitas-aktivitas, produktivitas, dan inovasi-inovasi yang positif
konstruktif dan berguna yang berwujud kegiatan-kegiatan yang di dalam bahasa
agama disebut amaliyah shalihah yang pada gilirannya akan membentuk budaya dan
kebudayaan yang saleh pula.
b. Kedudukan dan Martabat
Harkat, martabat, dan kedudukan orang yang takarrub kepada Allah juga terus
menerus bergerak menuju kemuliaan dan kesempurnaan. Yaitu seiring dengan
amaliyah –amaliyah salihah yang ia lakukan dan prestasi-prestasi mubarakah yang
ia raih.
d. Keadaan Masyarakat dan Lingkungan
Keadaan masyarakat dan lingkungan orang yang takarrub kepada Allah juga terus
menerus bergerak menuju kebahagiaan dan kesejahteraan yang diridhai oleh Allah
SWT . Sebab dari diri orang yang takarrub kepada Allah akan memancar cahaya,
yaitu cahaya dalam bentuk amaliyah-amaliyah salihah tadi, yang dapat
menghilangkan kepekatan-kepekatan sosial dan kesemerawutan tatanan kehidupan
dan lingkungan, sehingga apa yang disebut di dalam Al-Qur’an dengan baldatun
tayyibatun wa rabbun gafur dapat terwujud menjadi kenyataan.
III. Makna Instrumen tal ‘Id al-Adha/ Ibadah Kurban
Allahu Akbar 3x Walillah al-Hamd
Hadirin, Kaum muslimin dan Muslimat yang berbahagia!
Nilai-nilai, semangat, dan sejarah berkurban seperti yang telah kita sebutkan hanya
akan menjadi “laksana mutiara dalam lumpur” manakala kita tidak dapat
mewujudkannya ke dalam kenyataan hidup dalam kehidupan kita. Oleh karena itu,
sesuai dengan maksud dan tujuannya, seyogyanya ibadah kurban yang disyari’atkan
oleh Allah ini, kita jadikan sebagai sarana pendidikan; kita jadikan sebagai
instrumen atau alat untuk mewujudkan nilai-nilai intrinsiknya (harkat yang
terkandung di dalamnya ) diaplikasikan dalam kenyataan kehidupan kita
sehari-hari, sehingga sesuai dengan sifatnya dan kemanfaatannya dapat dirasakan
secara bersama-sama, terutama oleh masyarakat dan lingkungan di mana kita
berada.
IV. Penutup
Hadirin kaum muslimin sidang Id al-Adha yang berbahagia!
Demikianlah, Khutbah Tentang Ibadah Kurban / ‘Id al-Adha tidak boleh berhenti
hanya pada makna intrinsiknya, akan tetapi ia harus berlanjut dengan
mengaplikasikan makna-makna tersebut melalui makna instrumentalnya: dan inilah
yang dikehendaki oleh setiap peribadatan atau ritual dalam Islam.
Hadirin yang berbahagia !
Di dalam situasi dan kondisi seperti sekarang ini, di mana
bangsa Indonesia mendapat cobaan yang beruntun, tidak putus-putusnya; mulai
dari musibah Tsunami di Aceh dan Nias, Tsunami di Sukabumi, Cirebon, dan
lain-lain tempat. Gempa bumi di Yogyakarta dan terakhir ini, musibah Semburan
Lumpur Panas di Sidoarjo yang masih berlangsung sampai hari ini dan juga
bermunculan semburan Lumpur di beberapa tempat di Jawa dan Kalimatan.
Di samping itu bangsa Indonesia belum sepenuhnya terbebas dari krisis-krisis
yang melanda bangsa ini, seperti krisis sosial, krisis kepemimpinan, politik,
krisis ekonomi, bahkan krisis moral, krisis nilai, ajaran, solidaritas sebagai
bangsa, krisis kepercayaan, krisis kejujuran, dan semangat pengorbanan.
Nampaknya, kita sangat membutuhkan semangat pengorbanan dan solidaritas, agar
kita dapat keluar dan terbebas dari segala bentuk krisis yang kita sedang
alami. Oleh karena itu, dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku
khatib mengajak; marilah Hari Raya Idul Adha dan penyelenggaraan ibadah kurban
1427 Hijriah kali ini, kita jadikan sebagai momentum untuk mewujudkan nilai,
ajaran, semangat nilai jiwa pengorbanan karena Allah, dan solidaritas, baik
sebagai bangsa Indonesia, maupun sebagai umat Islam sebagaimana yang telah
ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim as dan keluarganya.
Dengat semangat taqarrub kepada Allah kita tingkatkan zikir dan
pikir kita, kita tingkatkan semangat pengorbanan dan solidaritas, kita
tingkatkan proses penyontohan serta peneladanan terhadap sifat dan akhlak Allah
tertutama terhadap sifat-sifat-Nya Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Maha
Pengatur dan Maha Pemelihara, Maha Pemberi Pertolongan dan Maha Penyantun, Maha
Pemaaf dan Maha Pemberi Nikmat, Maha Pelimpahan Kebaikan dan Maha Pemberi
Karunia, Maha Pemberi tobat dan Maha Pembebas dari segala penderitaan dunia
maupun penderitaan akhirat. Dengan cara seperti itulah إن شاء اللهkita akan mampu menghadapi
krisis-krisis yang kini sedang melanda kita bangsa Indonesia; Hanya dengan cara
meningkatkan zikir dan pikir dengan meningkatkan taqarrub kita kepada Allah dan
berakhlak dengan sifat dan akhlak Allah, dengan memohon taufiq, hidayah, dan
“inayah Allah, kita akan dapat melewati segala bentuk krisis tersebut karena
kita senantiasa bersama Allah. Kita dapat menjalani hidup dan kehidupan ini
dengan sukses , penuh dengan rahmat, maghfirah, keberkahan, dan keridhaan-Nya
apapun tantangan dan ujiannya! Kita memohon kiranya Allah SWT berkenan memberi
kekuatan dan kemampuan kepada kita, memberikan taufiq, hidayah, dan ‘inayah-Nya
kepada kita semua, terutama kepada mereka yang berada pada posisi “bisa
membantu” mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.
Kita ucapkan selamat kepada mereka semua yang berkurban; karena
niatnya yang tulus ikhlas, amal ibadahnya diterima oleh Allah; dosa dan
kesalahan mereka diampuni; segala usaha dan aktivitasnya diberkati, sedang
perniagaannya dengan Allah, yaitu pengorbanannya di jalan Allah yang berdimensi
vertikal dan horizontal, yang berdampak kepada harmonisnya kehidupan sosial,
mendapatkan anugerah dan ridha Allah. Di dunia mereka mendapatkan bimbingan dan
tuntunan Allah. Sedang di akhiratnya nanti mereka dimasukkan ke dalam syurga
dengan limpahan rahmat, maghfirah, dan ridha Allah SWT.
Kepada mereka yang menunaikan ibadah haji, semoga hajinya diterima oleh Allah
sebagi haji yang mabrur. Kepada mereka yang kini dilanda berbagai musibah dan
kesulitan, terutama kesulitan yang diakibatkan oleh berbagai krisis seperti
yang disebutkan sebelumnya, semoga Allah memberikan kesabaran dan segera
menghindarkan mereka dari kesulitan-kesulitan yang mereka alami.
إنما يُوَفَّى الصابرون أجرَهم بغير حساب . (الزمر\
39 : 10 )
Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan
pahala mereka tanpa batas.
Orang-orang yang sabar mereka dimasukkan dalam syurga tanpa melalui timbangan
amal baik atau buruk di hari kiamat.
Kepada kita semua, kepada bangsa Indonesia, kepada kaum mukminin dan mukminat
di manapun mereka berada, kepada ibu dan bapak kita, kepada para pemimpin kita,
kepada anak, cucu dan keluarga kita, kepada generasi kita yang akan melanjutkan
hidup kita, kiranya Allah berkenan memberikan ketetapan iman dan Islam,
memberikan taufiq, hidayah dan ‘inayah-Nya, memberikan kemudahan dan
keberkahan-Nya, sehingga kita dapat memperoleh kebahagian dan kesejahteraan di
dunia dan akhirat kelak.
Amin ya rabbal ‘alamin.
اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات ، والمؤمنين والمؤمنات، الأحياء منهم
والأموات، إنه قريب مجيب الدعوات ويا قاضى الحاجات ويا غافر الذنوب
والخطيئات، برحمتك يا أرحم الراحمين. والحمد لله رب العالمين .
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته .
[1] ومن الناس من يشرى نفسه ابتغاء مرضات الله ، والله
رؤوف بالعباد. (البقرة :2 : 207)
Dan di antara manusia ada yang mengorbankan dirinya karena mencari keridhaan
Allah ; dan Allah Maha Penyantun kepada hamba-hambanya.
[2] لن ينال الله لحومها ولا دماؤها ولكن يناله التقوى
منكم … (الحج :22 : 37)
Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai
(keridhaan) Allah , tetapi ketaqwaan dari kamu yang dapat mencapainya.
[3] والبدن جعلناها لكم من شعائر الله لكم فيها خير، فاذكروا
اسم الله عليها صوافَّ ، فإذا وجبت جنوبها فكلوا منها
وأطعموا القانع والمعترَّ ، كذلك سخرناها لكم لعلكم تشكرون. (الحج\ 22 : 36)
Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari syi’ar Allah,
kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah
ketika kamuj meyembelinya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Dan kemudian
telah roboh (mati), maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela
dengan apa yang ada padanya (yang tidak minta-minta) dan orang yang meminta.
Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu kepadamu, mudah-mudahan kamu
bersyukur.
[4] لكم فيها منافع إلى أجل مسمًّى ثم محِلُّهـا إلى
البيت العثيق . (الحج \ 22 : 33)
Bagi kamu pada binatang-binatang (hadyu), itu ada beberapa manfaat sampai
kepada waktu yang telah ditentukan, kemudian tempat wajib (serta akhir masa),
menyembelihnya ialah setelah sampai ke Baitul Atiq (Baitullah).
[5] Pandangan hidup yang menganggap bahwa kesenangan dan kenikmatan adalah
tujuan utama dalam hidup. (Kamus Besar Bahasa Indonesia: 1989: 302
[6] فلما بلغ معه السعى قال يا بنى إنى أرى فى المنام
أنى أذبحك فانظر ماذا ترى، قال يا أبت افعل ما
تؤمر ، ستجِدنى إن شاء الله من الصابرين.
(الصافات\37: 102)
فلما أسلما وتله للجبين
.(103)
وناديناه أن يا إبراهيم
.(104)
قد صدقت الءيا ، إنا كذلك
نجزى المحسنين. (105)
إن هذا لهو البلاء المبين .
(106)
وفديناه بذبح عظيم.(107)
Maka tatkala anak itu sampai pada usia dapat berusaha bersama-sama Ibrahi,
Ibrahim berkata; “Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku
menyembelihmu . Maka fikirkanlah apa pendapatmu!” Ia menjawab : Wahai ayahku ,
kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku
termasuk orang-orang yang sabar. (102)
Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas
pelipisnya, nyatalah kesabaran keduanya .(103)
Dan Kami panggil dia: Hai Ibrahim. (104)
Sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu, sesungguhnya demikianlah Kami
memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.(105)
Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata.(106)
Dan Kami tebus anak itu dengan seokor sembelihan yang besar. (107)
EmoticonEmoticon