Sabtu, 24 Desember 2011

DPRD Riau Sepakat Inhil Selatan Jadi Kabupaten

Pekanbaru,utusanriau.com- Akhirnya Komisi A DPRD Riau sepakat Inhil Selatan menjadi Kabupaten serta dilanjutkan untuk membuat jadwal penyusunan penyerahan ke Depdagri khsusus.

Hal tersebut berdasarkan hearing Komisi A DPRD Riau dengan Biro Tata Pemerintahan Pemprov Riau dan Badan Presedium Pembentukan Kabupaten Inhil Selatan.

"Karena pada rekomendasi Bupati Inhil dan DPRD Inhil hanya ada Inhil Selatan, maka yang akan diteruskan ke Depdagri adalah pembentukan Inhil Selatan", Jum'at (8/07).

Sebelumnya, perbedaan rekomendasi pemekaran Inhil menjadi polemik, namun setelah Komisi A DPRD Riau tadi mengadakan hearing dengan Biro Tata Pemerintahan Pemprov Riau dan Badan Presedium Pembentukan Kabupaten Inhil Selatan akhirnya menemui titik terang.

Pada penjelasanya di Komisi A, anggota Dewan Presedium Pembentukan Kabupaten (BPPK) Inhil Selatan, Sarpan mengatakan bahwa rekomendasi dari Bupati Inhil telah keluar ketetapan bahwa Inhil Selatan layak dan Kota Tembilahan layak berdiri sendiri, sedangkan pada rekomendasi DPRD Inhil diputuskan Inhil Selatan dan Inhil Utara layak jadi kabupaten baru.

''Tapi yang ada pada kedua rekomendasi itu hanya Inhil Selatan, artinya Inhil Selatan sudah tidak ada masalah. Dan ini berbeda dengan Inhil Utara dan Kota Tembilahan. Lagi pula kajian untuk Inhil Selatan juga sudah ada, baik dari Lembaga Penelitian Universitas Indonesia maupun Kajian Bupati Inhil.

Kedua kajian itu menyatakan bahwa Inhil Selatan layak jadi kabupaten,'' ujarnya. Hearing pemekaran Inhil di ikuti, Wakil Ketua Komisi A DPRD Riau Jabarullah SSos dan Sekretaris Komisi A Elly Suryani SH yang juga dihadiri anggota Komisi A Zukri Misran dan Ruslan Jaya juga disepakati untuk membuat jadwal penyusunan penyerahan ke Depdagri khusus untuk Inhil Selatan mengingat surat Pemprov Riau tidak ditanggapi oleh Bupati Inhil.

Menurut Zukri Misran, karena sudah tidak ada masalah dengan Inhil Selatan, sebaiknya khusus untuk Inhil Selatan bisa digesa, kecuali Kota Tembilahan dan Inhil Utara yang belum lengkap kajian dan rekomendasinya.

Dan Kepala Biro Tata Pemerintahan Pemprov dihadiri Kabiro Riska Utama pada kesempatan itu juga bersedia mengatur dan membuat jadwal guna menggesa pembentukan Inhil Selatan. ** (warno)


EmoticonEmoticon