Minggu, 18 Desember 2011

Skenario Bimbingan Kelompok

Skenario Bimbingan Kelompok
Oleh
Mizan Musthofa
Tahap awal

PK       : asslamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh,,
Alhamdulillahirabbil ‘alamin, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah meimpahkan rahmat, serta hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita disini dapat berkumpul, bertatap muka, untuk mempererat tali silaturrahim diantara kita, sesama prodi, dan umumnya juga sesama muslim..mudah-mudahan perkumpulan ini membawa manfaat bagi kita semua. Sholawat beriring salam selalu kita curahkan kepada baginda nabi muhammad SAW, yang mana telah membawa umatnya dari zaman kegelapan atau yang disebut dengan zaman jahiliyah, yang menuju zaman yang terangb benderang yakni agama islam,, agama yang penuh dengan pengetahuan dan kebahagian.... selanjutnya adek-adek sekalian berkumpul diisni yaitu untuk melakukan bimbingan kelompok, tujuannya adalah untuk melatih berberkomunikasi dengan teman sebaya, mengeluarkan aegument (pendapat), dan berusaha mempertahankan pendapat yang kita keluarkan... dalam bimbingan kelompokm kita kali ini ada dua hal yang akan kita hadapi, pertama yang akan kita bahas adalah topik bebas, dan yang kedua nanti adalah topik tugas, sebelum kita mulai membahas topik yang pertama terlebih akan membatasi durasi waktu yang akan kita pakai, gimana????

            : okelah,,
PK     : berapa menit wktu yang kita pakai???? Sekarang jam 10:30 wib??? Dan akan selesai          pada jam berapa??
            : jam 11 kak??
PK       : saya rasa waktu tersebut terlalu pendek, gimana sampai jam berapa kira-kira???
PS        : samapai jam 11:15 menit kak???
PK       : gimana!! Kita tetapkan samapai jam 11:30 menit?? Sepakat?
PS        : sepakat!!!
PK       : ok kita sepakati selesai sampai jam 11:30. Sebelum kita melangkah lebih jauh        alangkah baiknya kita perkenalan terlebih dahulu, supaya kita lebih dekat, lebih akrab,       dan lebih nyaman berdiskusi.. ayoo,, kita mulai dari siapa perkenalannya????? Dari    kanan saya kah, atau dari kiri saya???
PS        : dari kakak aja??
PS        : iyaaaa,,, serentak...
PK       : oke,, kita perkenalana dari saya dulu, sebelumnya kita harus tentukan apa-apa saja           yang harus kita perkenalkan?? Pertama nama, tempat tanggal lahir, asal, dan motto hidup. Oke,, baik perkenalkan nama kakak Mizan Musthofa, tempat tanggal lahir desa   pulau kecil,      kec. Reteh, kab. Indra giri hilir prov. Riau indonesi, pada tanggal 17       september 1991. Asal dari sebuah desa yang terpencil jauh dari keramaian kota,     namanya desa pulaukecil...     listrik aja belum ada....
PS        : hahhhh.....
PK       : “tapi dulu” motto hidup, jangan pernah berhenti berfikir untuk sebuah perubahan             dan jangan pernah berhenti belajar untuk masa depan. Hahhh sekarang giliran adek-     adek semua.....
PS        : ana, dst
PS        : ani, dst
PS        : weni, dst
PS        : silfi, dst
PS        : rany, dst
PK       : oke,, sekarang kita sudah saling mnengenal satu sama lainnya,,, untuk lebih akrab             kita adakan permainan dulu, setuju?????
Permainan
PK       : oke,, kita sekarang memasuki topik tugas yaitu, saya punya dua tawaran topik untuk        kita bahas, yang pertama adalah maslah korupsi, yang kedua masalah peran   mahasiswa, bagaimana seharusnya mahasiswa itu???????
PS        : kalau saya pilih topik yang kedua aja kak,,
PS        : saya juga pilih topik yang kedua,,
PS        : saya milih yang kedua....
PK       : baik karena sudah lebih dari setengah yang milih topik yang kedua maka dari itu kita       akan bahas topik yang kedua yaitu “ peran mahasiswa” ( bagaimana mahasiswa itu)...            sedikit saya kasih pengantar, mahasiswa itu berasal dari dua kata “maha” yang berarti             ter, tertinggi, terkaya, dan terpintar, sedangkan siswa adalahpeserta didik yang sedang        belajar, menuntut ilmu. Lalu apakah mahasiswa itu harus ada dikampus setiap hari???             Terus apakah mahasiswa itu harus demo, jadi yang sebnernya mahasiswa itu harusnya        seperti apa???? Apakah datang kekampus, lalu kekantin.. nongkrong,, ngobrol- ngobrol ma temen, lalu dosen gag msuk pulang lage, apakah itu???lalu semua itu bisa             dokatakan sebagaoi mahasiswa. Haaa, bagaimana ne mnurut adek-adek semua, kan      sekarang adek-adek lage menjdi mahasiswa??? Apakah hanya demo, lalu kaluyang            belum demo belom bissa dikatakan sebagai mahasiswa... kalau hanya sekedar belajar        gag usah jadi mahasiswa, pulang kampung aja bekerja atau mendingan jadi siswa        aja????? 
PS        : kak kata dosen saya bilang, mahasiswa itu kalau nilainya diatas 3, demo gag papa???       Tapi     kalau dibawah 3, mendingan balik kekampus belajar dulu???
PK       : hmmmm,, apakah dengan IPK nya tinggi orang tersebiut harus boleh demo!!! Iya            kalau dibawah 3, suruh balik kekampus lalu suruh belajar, iyaaaa kalau bisa naik         nialainya kalau enggak gimana????
PK       : adek-adek, , mahasiswa itu harus bisa menjadi yang lebih dari pada yang bukan   mahasiswa, dan juga berperan sebagai agen of change, agen of solotion, dan         perubahan sosial masyarakat, jika dirinya mampu menjadikan masyarakat menjadi         masayrakat yang dapat hidup sejahtera... membantu masyarakat untuk hidup yang    lebih baik dari sebelumnya. Mahasiswa harus dapat memberikan solusi bagi            masyarakat... jangan mentang-mentang sudah menjadi mahasiswa sombonng....
Tahap Pengahiran
PK       :oke adek-adek, mungkin cukup sampai disini pembahasan topik ini, karena            waktu pun sudah habis, dan bahkan sudah lewat... jadi itu kesimpulannya, semoga   adek-adek sekalian dapat memahami. Dan menjadikan ini semua sebagai pengetahuan           serta wawasan abagi kita semua, kakak berharap diskusi-diskusi seperti ini jangan cukup sampai disini, kalu ada waktu dan kesempatan kita sambung lagi..dan ahirnya,         kakak minta maaf apabila ada perkataan kakak yang kurang enak,, dan terima kasih     atas waktu yang diberikan ini, semoga bermanfaat.. amin..
            billahitaufik wal hidayah, wassalamu;alaikum, wr.wb..



http://mizaneducation.blogspot.com/



EmoticonEmoticon