Sabtu, 24 Desember 2011

MENGERTI TENTANG MASA ANAK ANAK


Friday, 03 April 2009 07:56 Dale Sompotan

MASA ANAK-ANAK PERMULAAN (Usia 1-6)
Masa anak-anak permulaan adalah waktu aktifitas yang sangat banyak. Kita seringkali takjub dengan jumlah besarnya energi yang dikeluarkan dengan makanan yang dimakan. Anak hidup dalam dunia yang membuat keheranan, menjadikan itu tidak dikenal dan sering menciptakan hal yang fantastik.
Dengan cara yang cepat, anak-anak suka akan menjadi seekor kodok, kuda atau bahkan mesin  kebakaran. Anak-anak belum bisa membedakan yang nyata dan khayalan, dan benar-benar percaya bahwa anjing hitam yang besar adalah beruang. Sulit untuk menyatakan yang
dunia khayalan yang tidak nyata kepada dunia nyata yang memberikan ketinggian yang dipanggil keturunan yang lazim pada usia ini.
Anak seusia ini dipenuhi dengan keingintahuan dan selalu bertanya. "mengapa" dan "untuk apa". Anak akan sangat suka meniru, dan akan meniru kata-kata yang buruk dan kebiasaan yang tidak baik tanpa mengetahui artinya. Anak-anak ingin menghabiskan waktunya dalam permainan  yang aktif dari pada bercanda, menikmati cerita-cerita dengan lagu-lagu dan memaksa untuk diceritakan kembali. Anak-anak ini sangat mudah percaya kepada apa yang orangtua dan  teman-teman dekatnya katakan.
MASA ANAK-ANAK PERTENGAHAN (7-9)
Selama masa anak-anak pertengahan, kecenderungan beraktifitas diteruskan tetapi lebih terkendali dan termotivasi dengan adanya tujuan. Anak-anak tetap ingin tahu dan mempunyai banyak pertanyaan yang harus dijawab dengan jujur tetapi alasannya sekarang mulai berkembang dan anak-anak melukiskan kesimpulannya dari penelitiannya dan pemikirannya. Hal-hal yang lama membawa arti-arti yang baru dan kata-katanya tiap hari menjadi lebih banyak.
Selain khayalan, anak-anak ini ingin cerita-cerita yang benar-benar terjadi. Sekarang, dia  meniru pelaku daripada perbuatan. Dia ingin menjadi seorang insinyur daripada mesin. Dia sekarang butuh teman, daripada bermain sendiri tetapi masih individualis.


EmoticonEmoticon